Sunday, March 26, 2017

Study Tour 2017



Study Tour atau School Tour/Field Trip ialah perjalanan yang dilakukan oleh suatu kelompok di tempat lain di luar lingkungannya. Tujuan perjalanan biasanya observasi untuk pendidikan, penelitian non-eksperimental atau untuk memberikan para siswa dengan pengalaman luar kegiatan sehari-hari mereka, seperti pergi berkemah dengan guru dan teman sekelas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati subjek dalam keadaan alami dan mungkin mengumpulkan sampel. kunjungan lapangan juga digunakan untuk menghasilkan pemuda beradab dan wanita yang menghargai budaya dan seni. Hal ini terlihat bahwa anak-anak yang lebih diuntungkan mungkin sudah mengalami lembaga kebudayaan di luar sekolah, dan kunjungan lapangan memberikan kesamaan dengan anak-anak yang lebih diuntungkan dan kurang-diuntungkan untuk memiliki beberapa pengalaman budaya yang sama dalam seni.


kunjungan lapangan yang paling sering dilakukan dalam 3 langkah: persiapan, kegiatan dan tindak lanjut kegiatan. Persiapan berlaku untuk siswa dan guru. Guru sering meluangkan waktu untuk belajar tentang tujuan dan subjek sebelum perjalanan. Kegiatan yang terjadi pada kunjungan lapangan sering termasuk: ceramah, tur, lembar kerja, video dan demonstrasi. Kegiatan tindak lanjut umumnya diskusi yang terjadi di kelas setelah kunjungan lapangan selesai.

Sehubungan dengan program Study Tour yang ada di Pondok Pesantren Madinatunnajah, kali ini santri melaksanakan study tour di beberapa tempat seperti :

untuk Santri Putra :
1. Masjid  Raya Bandung Jawa Barat
2. Taman Sri Baduga
3. Museum Geologi
4. Sari Ater

dan santri Putri :
1. Masjid PUSDAI Bandung
2. Museum Pos
3. Museum Asia Afrika
4. De'Ranch