Sunday, July 30, 2017

Tugas Pokok Pembina Pramuka

Pondok Pesantren Madinatunnajah selalu mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar atau yang biasa disingkat KMD guna mencetak para Pembina Pramuka yang Professional.
  • Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam kepramukaan,  secara sukarela bergiat bersama peserta didik, sebagai mitra yang peduli terhadap kebutuhan peserta didik, dengan penuh kesabaran memotivasi, membimbing, membantu serta  memfasilitasi kegiatan pembinaan peserta didik.
  • Pembina Pramuka sekurang-kurang telah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).
Lalu apa saja tugas seorang pembina Pramuka? seorang pembina pramuka mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Memberikan pembinaan agar peserta didik menjadi Manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur dan menjadi Warga negara Rebuplik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.
  2. Menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kiasan Dasar dan Sistem Among dalam proses pembinaan
  3. Memberi pengayaan dengan mengikuti perkembangan sehingga kegiatan kepramukaan bernuansa kekinian (up to date), bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat lingkungannya, serta tetap berada dalam koridor ketaatan terhadap Kode Kehormatan Pramuka.
  4. Menghidupkan, membesarkan gugusdepan dengan selalu memelihara kerjasama yang baik dengan orang tua/wali pramuka dan masyarakat.