Wednesday, January 10, 2018

UNBK - Ujian Nasional Berbasis Komputer


Pada Tahun ini Pondok Pesantren Madinatunnajah menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) berbasis Komputer(UNBK). Ujian Berbasis Komputer atau Computer Based Test, merupakan tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mengerjakan soal ujiannya lewat komputer, tidak menggunakan media kertas seperti dahulu. 
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Perbedaan paling signifikan dari pelaksanaan sistem ujian ini ada pada media pengerjaan. Bila peserta PBT diwajibkan untuk menghitamkan lembar jawab, maka peserta ujian CBT memilih jawaban benar pada layar komputer. Soal yang dihadapi pada kedua ujian pun memiliki tingkat kesulitan yang sama. Pada sistem PBT, siswa harus memastikan jawaban telah dihitamkan secara penuh supaya dapat terbaca mesin pemindai dan harus selalu menjaga kelembaban telapak tangan. Terkadang, gugup menyebabkan produksi keringat meningkat. Selain itu, karet penghapus serta cara menghapus juga harus diperhatikan seksama. Jika penghapus dan cara menghapusmu kasar, maka akan membuat kertas rentan berlubang. Sistem ini memudahkan kamu jika ingin melakukan corat-coret di atas kertas soal secara  langsung. Pada CBT ini, siswa tidak perlu memikirkan teknis menjawab. Hal ini dikarenakan siswa hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang dianggap benar.
Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).